BI Diperkirakan Tahan Bunga Acuan di 5%

Agatha Olivia Victoria
21 November 2019, 11:01
BI, bunga acuan
Ilustrasi. BI sepanjang tahun ini telah memangkas suku bunga acuan sebesar 1%.

Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya atau BI 7 day reverse repo rate (BI7DDR) di level 5% pada bulan ini. Sepanjang tahun ini, BI sudah menurunkan bunga sebanyak empat kali atau sebesar 1%.

Ekonom Permata Bank Josua Pardede memperkirakan, BI pada rapat dewan gubernur (RDG) hari ini akan mempertahankan bunga acuannya. Ia menilai suku bunga saat ini masih mampu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan membuat aset keuangan di Indonesia tetap menarik di mata investor.

"BI akan mempertahankan bunga setelah memangkas 100 basis poin (bps) sejak Juli hingga Oktober 2019," ujar Josua kepada Katadata.co.id, Kamis (21/11).

(Baca: LPS Turunkan Bunga Penjaminan Simpanan 0,25%)

Ia menjelaskan, The Federal Reserve (The Fed)  yang kemungkinan mempertahankan suku bunga acuannya pada Federal Open Meeting Committee Desember mendatang juga akan menjadi pertimbangan BI.

Senada, Direktur Riset Center Of Reform on Economics Piter Abdullah Redjalam menilai BI sudah 4 kali berturut-turut menurunkan suku bunga acuannya. "Jadi sekarang lebih baik menahan dulu," kata Piter. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...