Putri Tanjung, Staf Khusus Jokowi yang Berbisnis Sejak Usia 15 Tahun

Dimas Jarot Bayu
21 November 2019, 21:09
Putri Tanjung (tengah) ditunjuk sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/11). Putri mengaku ingin lepas dari bayangan nama besar sang ayah, pengusaha Chairul Tanjung. Putri bahkan mengatakan sudah mandiri dalam berbisnis sejak usia 15 tahun
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia
Putri Tanjung (tengah) ditunjuk sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/11). Putri mengaku ingin lepas dari bayangan nama besar sang ayah, pengusaha Chairul Tanjung. Putri bahkan mengatakan sudah mandiri dalam berbisnis sejak usia 15 tahun.

Putri Indahsari Tanjung didapuk sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama enam sosok lainnya pada Kamis (21/11). Perempuan kelahiran 22 September 1996 itu merupakan anak sulung dari pengusaha kakap Chairul Tanjung.

Putri yang baru berusia 23 tahun itu pun mengaku berusaha lepas dari nama besar sang ayah. Dia mengaku telah mandiri dalam bisnis sejak berusia 15 tahun dengan mendirikan Creativepreneur Event Creator.

"Awalnya memang dari tekanan, karena setiap orang pasti menyambung-nyambungkan saya sama bapak saya. Akhirnya saya mau mencoba, saya bisa apa sih sebenarnya," ujar Putri.

Di perusahaan event tersebut, Putri menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO). Menurut dia, perusahaan tersebut didirikannya agar bisa berkarya sendiri tanpa perlu bantuan dari orang tua.

Selain itu, pendirian Creativepreneur Event Creator merupakan upayanya dalam menyebarkan semangat wirausaha ke seluruh Indonesia. "Karena saya percaya Indonesia butuh lebih banyak lagi anak-anak muda yang kreatif, yang punya enterpreneurship mindset," kata Putri.

(Baca: Putri Tanjung, Anak Chairul Tanjung yang Jadi Staf Khusus Jokowi)

Selain itu, Putri juga menjabat sebagai Chief Business Officer dari Kreavi. Lewat perusahaan tersebut, Putri ingin membantu UMKM untuk mengemas dan menampilkan produk semenarik mungkin.

"Jadi saya selalu percaya pontensi ekonomi kreatif di Indonesia sangat luar biasa, apalagi di era digital ini kita membutuhkan anak anak muda," katanya.

Putri lantas berharap lewat jabatannya sebagai Staf Khusus Presiden, dirinya bisa menyuarakan aspirasi anak-anak muda Indonesia. Hal tersebut, kata Putri, akan menjadi masukan bagi pemerintahan Jokowi di masa mendatang.

"Semoga kami semua bisa menyuarakan aspirasi anak-anak muda ke Istana," ucapnya.

(Baca: 14 Staf Khusus Jokowi : Sepuluh Wajah Baru dan Empat Nama Lama)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...