Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pencurian Kantor Katadata

Ameidyo Daud Nasution
26 November 2019, 16:51
Suasana ruangan kantor Katadata yang dibobol maling, Santu (16/11).
Katadata
Suasana ruangan kantor Katadata yang dibobol maling, Santu (16/11).

Kepolisian saat ini telah mengetahui identitas pelaku pencurian di Kantor Katadata.co.id, kawasan Rukan Permata Senayan di Blok F-27, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan, pada Sabtu (16/11) lalu. Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kebayoran Lama Iptu Sudarto juga mengatakan dari hasil pemantauan cctv, pelaku berjumlah lebih dari satu orang.

Namun, ia belum bisa menyampaikan lebih detail identitas pelaku. Saat ini polisi terus melakukan penyelidikan atas pencurian dengan nilai kerugian mencapai ratusan juta rupiah ini.

“Kalau kami lihat ada beberapa orang,” kata Sudarto kepada Katadata.co.id, Selasa (26/11).

(Baca: Kantor Katadata Dibobol, Perlengkapan Kerja dan Data Dicuri)

Polisi juga telah memeriksa sekurangnya lima orang saksi guna mendapatkan kejelasan kasus ini. “(Saksi) orang di daerah situ (Kantor Katadata.co.id) semua,” ujarnya.

Katadata juga telah membentuk tim investigasi untuk mengumpulkan dan mempelajari beberapa alat bukti yang ada, antara lain kondisi tempat kejadian perkara, rekaman cctv, dan informasi beberapa saksi. Tim kecil ini terdiri dari jurnalis data bekerja sama dengan bagian teknologi (IT).

(Baca: Katadata dan Polisi Koordinasi Intens Ungkap Kasus Pembobolan Kantor)

Chief Operation Officer (COO) PT Katadata Indonesia Ade Wahyudi menjelaskan hasil kerja tim ini sebagai bentuk dukungan kepada kepolisian untuk mengungkap kasus pembobolan kantor. “Hasilnya kami sampaikan dan komunikasikan dengan polisi. Kerja sama dengan Polsek Kebayoran Lama berjalan baik,” kata Ade beberapa hari lalu.

Seperti diinformasikan sebelumnya, kantor Katadata.co.id di Kawasan Rukan Permata Senayan, Jakarta Selatan, dibobol perampok pada akhir pekan lalu. Kejadian ini baru diketahui pada Senin subuh, 18 November 2019. Sekitar 10 unit komputer dan peralatan kerja dirampok, beserta perusakan sistem keamanan dan cctv.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...