Harga Emas Dunia Mulai Menanjak, Logam Mulia Antam Turun Tipis

Agustiyanti
28 November 2019, 09:28
Ilustrasi emas batangab PT Aneka Tambang di butik Gedung Ravindo, Jakarta (14/10/2019). Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Senin (14/10/2019) berada di angka Rp 754.000 per gram.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Harga pembelian kembali emas di Antam hari ini naik Rp 1.500 per gram menjadi Rp 689.500 per gram.

Harga emas Antam hari ini turun tipis Rp 1.000 per gram menjadi Rp 744 ribu per gram. Penurunan tersebut berbanding terbalik dengan harga emas dunia yang mulai menanjak pada perdagangan pagi ini.

Mengutip Reuters, harga emas dunia di pasar spot naik 0,2% ke posisi US$ 1.457 per ons. Kenaikan terjadi setelah harga emas sempat anjlok kemarin ke level terendah dalam dua pekan terakhir pada Selasa (26/11) kemarin.

"Ini dapat dilihat sebagai konsolidasi setelah pemulihan kemarin," kata Carlo Alberto De Casa, kepala analis di ActivTrades

(Baca: Rupiah Melemah Terimbas Aksi Trump Teken UU Hong Kong)

Harga emas turun tajam setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan kesepakatan dagang dengan Tiongkok hampir rampung. Namun, langkah Trump tadi malam yang menekan Undang-Undang bentuk dukungan terhadap demonstran Hong Kong menimbulkan kekhawatiran baru terkait nasib kesepakatan dagang.

Investor juga menunggu laporan perekonomian dari The Fed yang akan dirilis hari ini. Bank sentral AS memangkas suku bunga acuan pada Oktober untuk ketiga kalinya tahun ini, tetapi menutup ruang penyesuaian bunga lebih lanjut kecuali terjadi penurunan ekonomi.

Mengutip situs logammulia.com, harga penjualan kembali emas Antam hari ini naik Rp 1.500 per gram menjadi Rp 659.500 ribu per gram.

(Baca: Tutup Utang Rp 28 T, Bulog Mulai Jual Beras Komersial ke BUMN)

Berikut, daftar harga emas Antam pada Kamis 28 November 2019:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...