Cara Daftar SSO Kemendikbud, Sistem Baru Penerimaan Mahasiswa

Penulis: Pingit Aria

2/12/2019, 18.12 WIB

Pendaftaran SSO Kemendikbud dibuka mulai hari ini.

Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019).
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan sistem Single Sign On (SSO) untuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2020. Sistem tersebut dapat diakses melalui situs https://portal.ltmpt.ac.id mulai hari ini, Senin (2/12).

SSO Kemendikbud berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Sekolah dan peserta yang akan mengikuti rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi di tahun 2020 diwajibkan mempunyai akun yang terdaftar dalam sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan, kebijakan Single Sign Out (SSO) bertujuan untuk mengintegrasikan data calon mahasiswa baru dan jalur yang tersedia dalam satu sistem. Ia menjelaskan, registrasi akun LTPMPT terdiri dari dua bagian, yaitu akun sekolah dan siswa.

(Baca: Wacana Penghapusan Ujian Nasional dari Era Anies hingga Nadiem Makarim)

Ia merinci, sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan login dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan.

Sedangkan, sekolah di bawah Kementerian Agama (Kemenag) melakukan registrasi dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

"Untuk siswa harus melakukan login dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), NPSN, dan tanggal lahir," kata Ravik.

Ia mengimbau, sekolah dan siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2020 untuk memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT dengan memperhatikan rentang waktu yang tersedia. Dengan begitu, kepadatan pada masa awal atau akhir pendaftaran dapat dihindari.

(Baca: Cegah Siswa Stres, Nadiem akan Hapus Ujian Nasional Mulai Tahun 2021)

Portal LMPTN untuk PDSS dan SNMPTN, dapat diakses mulai 2 Desember 2019-7 Januari 2020. Sedangkan, jalur UTBK dan SBMPTN dibuka pada 7 Februari-5 April 2020.

LTMPT menyediakan layanan informasi bagi sekolah dan siswa yang mengalami hambatan, dengan menyampaikan ke nomor 0804-1-450-450 atau portal http://halo. ltmpt.ac.id/.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan