Cara Daftar SSO Kemendikbud, Sistem Baru Penerimaan Mahasiswa

Pingit Aria
2 Desember 2019, 18:12
Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019).
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan sistem Single Sign On (SSO) untuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2020. Sistem tersebut dapat diakses melalui situs https://portal.ltmpt.ac.id mulai hari ini, Senin (2/12).

SSO Kemendikbud berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Advertisement

Sekolah dan peserta yang akan mengikuti rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi di tahun 2020 diwajibkan mempunyai akun yang terdaftar dalam sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan, kebijakan Single Sign Out (SSO) bertujuan untuk mengintegrasikan data calon mahasiswa baru dan jalur yang tersedia dalam satu sistem. Ia menjelaskan, registrasi akun LTPMPT terdiri dari dua bagian, yaitu akun sekolah dan siswa.

(Baca: Wacana Penghapusan Ujian Nasional dari Era Anies hingga Nadiem Makarim)

Ia merinci, sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan login dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah pada Data Pokok Pendidikan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement