Reuni 212, Arus Lalu Lintas Sekitar Monas Padat

Image title
Oleh Ekarina
2 Desember 2019, 08:25
Ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
Arief Kamaludin|KATADATA
Ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).

Menjelang aksi Reuni 212, Senin (2/12) arus lalu lintas di sekitar Monumen Nasional (Monas) terpantau padat. Kepadatan tersebut selain disebabkan oleh massa aksi yang mulai berdatangan, juga banyaknya kendaraan yang terpakir di sekitar badan jalan. 

Arus lalu lintas mulai dari Jalan Ridwan Rais menuju Medan Merdeka Timur dan Selatan padat. Selain karena kendaraaan yang terparkir dan massa aksi  212 yang tumpah ruah di jalan, pedagang kaki lima musiman yang menjual serba- serbi aksesoris juga turut menambah kemacetan. 

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju ke arah M.H Thamrin terpantau lancar meski sedikit terhambat di dekat Jalan Agus H. Salim yang ditutup dan digunakan sebagai kantong parkir oleh panitia Reuni 212.

(Baca: Mahfud MD Persilakan Kegiatan Reuni 212 dengan Syarat)

Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Medan Merdeka Timur juga digunakan sebagai kantong parkir bagi massa 212, namun kendaraan tetap bisa bergerak dengan ruang gerak untuk satu mobil.

Jalan M.H Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat juga terpantau padat, terlihat beberapa bus Transjakarta, mobil, dan motor berjalan pelan.

Selain arus lalu lintas yang padat, terpantau juga massa terus berdatangan menuju Monas untuk mengikuti acara Reuni 212 yang sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB.

Dalam acara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir untuk memberikan kata sambutan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mempersilakan Reuni Akbar 212 kembali diadakan di Jakarta.  Hanya saja, dia meminta agar Reuni 212 bisa dilaksanakan dengan tertib.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...