Luhut Sebut Nilai Tukar Rupiah Bisa di Bawah Rp 10 Ribu per Dolar

Rizky Alika
3 Desember 2019, 19:09
Luhut pandjaitan, nilai tukar rupiah, defisit transaksi berjalan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan nilai tukar rupiah bisa berada di bawah Rp 10 ribu jika defisit transaksi berjalan ditekan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan nilai tukar rupiah bisa berada di bawah Rp 10 ribu per dolar Amerika Serikat. Dia mengatakan rupiah bisa menguat dari nilai tukar saat ini yakni Rp 14.130 per dolar jika pemerintah berhasil menekan defisit transaksi berjalan.

Sepanjang tahun lalu, neraca transaksi berjalan mengalami defisit US$ 31,1 miliar atau sekitar 2,98% dari PDB. Namun Luhut menargetkan defisit transaksi berjalan mencapai US$ 1 miliar hanya dalam dua atau tiga tahun.

Advertisement

“(Harapannya, defisit bisa) single digit atau di bawahnya sehingga rupiah bisa di bawah Rp 10 ribu,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (3/12).

(Baca: Prospek Brexit Tak Jelas, Rupiah Melemah ke 14.125 per Dolar AS)

Luhut menjelaskan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan defisit transaksi berjalan adalah hilirisasi industri, peningkatan ekspor, mandatori biodiesel 30% (B30), hingga penarikan kunjungan turis pada sektor pariwisata.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement