Awali Pekan, Harga Emas Antam Anjlok Rp 7.000 per Gram

Agustiyanti
9 Desember 2019, 08:46
harga emas hari ini, harga emas antam hari ini, harga emas naik, harga emas turun
KATADATA/Agung Samosir
Ilustrasi. Harga emas dunia pada perdagangan awal pekan naik tipis ke posisi US$ 1.460 per ons.

Harga emas Antam hari ini anjlok Rp 7.000 per gram dibanding harga jual Jumat (6/12) sebesar Rp 751 ribu per gram menjadi Rp 744 ribu per gram. Penurunan harga emas Antam  berbanding terbalik dengan harga emas dunia yang menanjak awal pekan ini.

Mengutip Reuters, harga emas dunia pagi ini diperdagangkan naik 0,08% ke level US$ 1.460,67. Harga emas mengawali pekan di zona hijau setelah turun 1% pada akhir pekan lalu.

Pada akhir pekan lalu, harga emas anjlok terseret sentimen data lapangan pekerjaan Amerika Serikat yang lebih baik dari perkiraan. Sentimen tersebut turut mendorong penguatan pada dolar dan bursa saham AS.

"Laporan lapangan kerja yang lebih baik dari perkiraan merusak permintaan produk save haven seperti emas," ujar Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures dikutip dari Reuters.

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa negosiasi dagang dengan Tiongkok bergerak maju. Adapun ke depan, fokus pasar adalah pertemuan The Federal Reserve atau The Fed yang akan dilaksanakan pada Selasa dan Rabu pekan ini.

 (Baca: Perang Dagang, Impor Tiongkok November Naik Meski Ekspor Masih Jeblok)

Bank Sentral AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan di antara 1,5% hingga 1,75%. Suku bunga yang lebih rendah akan membebani dolar AS dan mendorong harga emas.

"Dari sisi teknis, penutupan di bawah area US$ 1.460 per ons, membuka harga emas berpeluang turun lebih rendah dari posisi November US$ 1.445 menuju level US$ 1.400 hingga US$ 1.420 per ons," kata Kepala Perdagangan Logam Mulia di BMO.

Sementara itu,  sentimen pada hari ini datang dari data neraca perdagangan Tiongkok pada November yang dirilis Minggu (8/12). Tiongkok mencatatkan surplus perdagangan Tiongkok US$ 38,73 miliar, menciut dibandingkan Oktober US$ 42,81 miliar dan lebih rendah dibanding perkiraan analis sebesar US$ 46,30 miliar.

Ekspor pada November turun 1,1%, lebih buruk dari perkiraan analis yang meningkat 1%. Sedangkan impor tercatat naik 0,3%, lebih baik dari perkiraan analis yang turun 1,8%.

Mengutip situs logammulia.com, harga emas pada seluruh produk yang dijual Antam berdasarkan bobot turun. Adapun harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga tetap Rp 659 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...