Mandiri Siapkan Rp 1 Triliun untuk Investasi Startup Tahun Depan

Agatha Olivia Victoria
11 Desember 2019, 20:14
bank mandiri, investasi startup,
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Seorang model menunjukkan tampilan layanan Mandiri Online pada layar ponsel pintar. Bank Mandiri akan berinvestasi Rp 1 triliun pada startup tahun depan.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui anak usahanya, Mandiri Capital Indonesia (MCI) berencana menyuntikkan dana hingga Rp 1 triliun kepada perusahaan rintisan atau startup tahun depan. MCI akan berkolaborasi dengan gabungan berbagai investor atau venture fund.

Senior Executive Vice President Corporate Transformation Office Bank Mandiri Pantro Pander Silitonga mengatakan, MCI akan menyuntikkan modal sebesar Rp 500 miliar. "Sedangkan yang dari venture fund kita targetkan ada fund rising sekitar Rp 500 miliar," ujarnya saat ditemui di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (11/12).

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa beberapa investor tersebut nantinya akan berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Hingga kini sudah ada tiga hingga empat investor yang tertarik bergabung. "Investornya tak hanya berasal dari bank saja. Ada (investor) dari Jepang yang tertarik masuk ke dunia startup Indonesia. Kita akan fasilitasi," ujar Pantro.

Meski begitu, Bank Mandiri tidak hanya akan memberikan pendanaan kepada startup yang sudah ada saja, startup yang baru terbentuk juga memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan. Namun Pantro menegaskan, investasi akan fokus pada startup yang sejalan dengan core business Bank Mandiri.

(Baca: Strategi Bank Beternak Startup Lewat Modal Ventura)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...