Bangkok Bank dan Sumitomo Bersaing Akuisisi 90% Saham Bank Permata

Martha Ruth Thertina
12 Desember 2019, 15:15
Bank Permata, Akuisisi Bank Permata, Bangkok Bank
Katadata

Bangkok Bank dan Sumitomo Mitsui Financial Group dikabarkan berada dalam putaran final persaingan untuk mengakuisisi 90% saham Bank Permata yang bernilai pasar US$ 2,3 miliar atau sekitar Rp 32,3 triliun. Kabar ini diberitakan Bloomberg, berdasarkan informasi dari sumber yang meminta dirahasiakan identitasnya.

Menurut sumber tersebut, pemenang dari persaingan ini mungkin saja diputuskan paling cepat pekan depan, meskipun negosiasi bisa saja membuatnya lebih lambat. Meski begitu, calon investor lain bisa saja muncul selama belum adanya keputusan.

Advertisement

Adapun Bangkok Bank disebut-sebut tengah mencari pasar baru yang menguntungkan di regional seiring suku bunga rendah di negeri Gajah Putih. Indonesia dinilai menawarkan hal ini seiring proyeksi pertumbuhan ekonomi 5% tahun depan. Maka itu, bank tersebut tertarik.

(Baca: Sumitomo dan Investor Thailand Calon Kuat Pembeli Saham Bank Permata)

Di sisi lain, Sumitomo memang tengah gencar melakukan ekspansi bisnis di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan telah mengakuisisi saham Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Saat ini, Sumitomo merupakan pemegang 92,42% saham BTPN. Pada Februari 2019 lalu, BTPN resmi dimerger dengan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement