Google Luncurkan Platform Canggih untuk Menjaga Pelestarian Satwa

Fahmi Ahmad Burhan
18 Desember 2019, 19:20
Google Luncurkan Platform Canggih untuk Menjaga Pelestarian Satwa
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Google meluncurkan Wildlife Insights, platform canggih untuk menjaga pelestarian satwa langka.

Google meluncurkan platform barunya, Wildlife Insights, bekerja sama dengan tujuh organisasi pelestarian lingkungan dunia terkemuka. Platform tersebut menggunakan teknologi  artificial intelligence (AI) untuk mendata spesies satwa di dunia ini.

Wildlife Insights bisa membantu organisasi memantau satwa-satwa yang hampir punah. Berdasarkan data dari World Wildlife Fund (WWF), populasi burung, ikan, reptilia, dan amphibi di seluruh dunia telah menyusut sampai 60 % sejak 1970 hingga saat ini.

Menurut Program Manager Google Earth Outreach Tanya Birch, sebelumnya, dalam mengawasi peredaran satwa, peneliti harus menerjemahkan data dari gambar hasil kamera sensor gerak. Namun, data yang ada belum bisa dipadukan antara satu lokasi dan lokasi lainnya.

Untuk itu, Wildlife Insights menggunakan teknologi AI guna membantu peneliti dalam memecahkan masalah kerumitan pendataan satwa di alam. “Kini AI bisa memilah secara otomatis gambar-gambar satwa di alam dan mengklasifikasikannya,” kata Tanya pada Rabu (18/12).

(Baca: Google Maps, Peta Digital yang Petakan 98% Populasi Bumi)

Data spesies satwa itu akan masuk ke Google Cloud. Dalam program ini, Google menggunakan jaringan neural konvolusional multi kelas yang didasarkan pada framework open source tensorflow untuk mengembangkan Wildlife Insights.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...