Harga Emas Global Stabil, Harga Emas Antam Naik Rp 1.000/Gram

Image title
18 Desember 2019, 10:13
harga emas
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas menunjukkan sampel emas batangan di Butik Emas Logam Mulia, Jakarta, Senin (9/12/2019). Harga emas pada Rabu (18/12) berada di level Rp 752 ribu per gram.

Harga emas Antam dibuka naik Rp 1.000 pada perdagangan Rabu (18/12) menjadi Rp 752 ribu per gram. Sedangkan harga emas di pasar spot stabil di level 1.476,17 per ons.

Harga emas di pasar spot bergerak stabil setelah data ekonomi Amerika Serikat (AS) cukup positif. Data tersebut melawan sentimen negatif dari kesepakatan dagang AS dan Tiongkok.

Dilansir dari Reuters, harga emas di pasar spot diperdagangkan di level US$ 1.475,55 per ons. Sedangkan harga emas berjangka dipatok sebesar US$ 1.480,2 per ons. 

Data ekonomi AS yang baru saja dirilis memang cukup positif, salah satunya data produksi manufaktur AS yang menguat pada November 2019. Sedangkan data jumlah rumah meningkat dari ekspektasi dan perizinan untuk konstruksi rumah naik ke level tertinggi dalam 12,5 tahun terakhir.

Data ekonomi tersebut membuat bursa saham di Asia naik ke level tertinggi dalam 18 bulan terahir. Sedangkan dolar menguat mendekati level tertingginya dalam sepekan.

(Baca: Harga Emas Dunia Loyo, Logam Mulia Antam Naik Rp 2.000 per Gram)

Untuk kesepakatan dagang AS-Tiongkok, Pejabat Perdagangan AS Robert Lighthizer pada Selasa kemarin mengatakan kesepakatan dagang fase pertama berisi rencana Tiongkok membeli barang dari AS yang meliputi hasil pertanian, manufaktur, energi, dan sektor jasa. Tapi dia tidak menyebutkan waktu penandatanganan kesepakatan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...