Libur Natal dan Tahun Baru, Berikut Jadwal Operasional 4 Bank Besar

Agatha Olivia Victoria
20 Desember 2019, 12:02
BNI, kantor cabang buka libur natal, operasional bank libur natal dan tahun baru, perbankan, bri, mandiri, bca
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi. BNI akan membuka 72 kantor cabang dengan operasional terbatas pada saat cuti bersama 24 Desember. Adapun pada 25 Desember dan 1 Januari 2020, BNI akan membuka 23 kantor cabangnya.

Sejumlah bank besar menyatakan tetap akan beroperasi selama libur Natal dan Tahun Baru meski secara terbatas. Perbankan pun telah menyiapkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakan selama libur panjang akhir tahun ini. 

PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI misalnya, memberikan layanan operasional terbatas pada 24-25 Desember 2019 dan 1 Januari 2020 pada 240 Kantor BRI di seluruh Indonesia. Perseroan juga telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 34,64 triliun melalui mesin ATM dan unit kerja perseroan. 

Sekretaris Perusahaan BRI Hari Purnomo menjelaskan, layanan operasional yang dapat diberikan perusahaan selama libur Natal dan Tahun Baru, yakni  pembukaan rekening simpanan, pembuatan kartu ATM/reissue PIN, pendaftaran layanan e-banking, penarikan dan setoran simpanan.

"Lalu tersedia layanan setoran pinjaman, transaksi money changer, serta  complain handling," kata Hari dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (20/12).

(Baca: Lebih dari 328 Ribu UMKM Bergabung di Ekosistem Digital BRI)

BRI juga memberikan layanan khusus untuk nasabah korporasi, seperti penebusan setoran BBM dan non-BBM Pertamina, penebusan SPP Bulog, serta pick up service ASDP, Perhutani, dan Garuda Indonesia. Lalu layanan Visa On Arrival di pelabuhan dan bandara serta layanan keuangan untuk rumah sakit 24 jam.

Serupa, PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI juga akan membuka 72 kantor di berbagai kota besar dengan operasional terbatas saat cuti bersama 24 Desember. Adapun pada 25 Desember dan 1 Januari 2020, perusahaan akan membuka 23 kantor cabangnya. 

Di samping itu, BNI juga tetap mengaktifkan 69 outlet layanan akhir pekan pada 21 dan 28 Desember 2019, serta masing-masing 19 outlet pada 22 dan 29 Desember 2019.

"Transaksi yang diberikan mencakup setoran, penarikan, pemindahbukuan rekening BNI," ujar Deputy General Manager Divisi Pengelolaan Jaringan BNI Giri Dwi Susanto.

Pada outlet yang sama, BNI juga melayani setoran pembayaran BBM Pertamina melalui Online Payment Banking System Pertamina Host to Host. Bank BUMN ini juga tetap menerima setoran penerimaan negara, dan transaksi valuta asing.

(Baca: Ditopang Konsumsi, Bank Mandiri Prediksi Ekonomi 2019 Tumbuh 5,14%)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...