Cegah Kemacetan, Menhub Minta Pemudik Tak Balik Tanggal 1 Januari

Image title
24 Desember 2019, 13:46
arus balik, natal dan tahun baru, kemenhub
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan menuju Puncak di Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019). Menhub Budi Karya mengimbau masyarakat yang berlibur saat Natal dan Tahun Baru agar tidak kembali ke Jakarta tanggal 1 Januari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat yang berlibur saat Natal dan Tahun Baru agar tidak kembali ke Jakarta tanggal 1 Januari. Dia mengkhawatirkan adanya penumpukkan kendaraan jika arus balik hanya fokus pada hari pertama 2020.

Kementerian Perhubungan memproyeksikan 48% masyarakat yang berlibur Natal dan Tahun Baru 2019 menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini diketahui berdasarkan survei online yang dilakukan terhadap 2.500 responden yang sebagian besar berasal dari Jakarta dan sekitarnya. 

Rest area kurang, serta jaraknya 300 kilometer itu tentu akan berisiko," kata Budi di Jakarta, Selasa (24/12).

(Baca: Menhub Awasi Masuknya Narkoba Lewat Laut Saat Natal dan Tahun Baru)

Budi bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono akan berada di Cirebon untuk memantau arus balik. Pertamina juga telah menyiapkan pasokan bahan bakar minyak (BBM) uguna mengantisipasi kepadatan arus kendaraan.

“Tapi manajemen waktu (pemudik) juga penting karena lebih enak sampai Jakarta tanggal 30 tapi hanya berkendara 9 jam,” ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...