Menhub Awasi Masuknya Narkoba Lewat Laut Saat Natal dan Tahun Baru

Image title
24 Desember 2019, 12:36
narkoba, libur nataru, pelabuhan
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Kementerian Perhubungan akan meningkatkan pengawasan di pelabuhan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba selama periode Natal dan tahun Baru 2020.

Kementerian Perhubungan akan meningkatkan pengawasan di pelabuhan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba selama periode Natal dan tahun Baru 2020. Ini karena banyaknya pemudik yang menggunakan moda transportasi laut rentan dimanfaatkan pihak tertentu untuk menyelundupkan narkotika.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan upaya tegas juga akan dilakukan pada anak buahnya yang melakukan kesalahan apabila narkoba masuk melalui jalur laut.

Advertisement

"Awas, sekali ada narkoba kami sikat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta Utara., Selasa (24/12).

(Baca: Bea Cukai Temukan 440 Kasus Penyelundupan Narkoba Sepanjang 2019)

Selain Narkoba, Kemenhub juga mengingatkan keselamatan trasnportasi laut menjadi fokus. Salah satu caranya dengan bekerja sama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November membagikan jaket keselamatan (life jacket) kepada operator kapal 

Budi mengatakan dipilihnya pelabuhan Kali Adem karena saat musim liburan dipadati wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu. Makanya peningkatan keselamatan jadi pembenahan kementerian trasnportasi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement