Bernilai Rp 7.980 Triliun, Alibaba Perusahaan Paling Berharga di Asia

Fahmi Ahmad Burhan
27 Desember 2019, 11:38
alibaba, perusahaan paling berharga asia,
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Alibaba mengukuhkan diri sebagai perusahaan paling berharga di Asia dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 570 miliar.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Alibaba Group Holding Limited mencatatkan diri sebagai perusahaan paling berharga di Asia tahun ini. Nilai pasar perusahaan yang terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE) ini tercatat mencapai US$ 570 miliar atau setara Rp 7.980 triliun.

Dilansir Asian Nikkei Review, sejak listing pada 2014 Alibaba mencatatkan pertumbuhan secara signifikan. Perkembangan siklus teknologi dan dukungan investor menjadi faktor-faktor yang menggerakkan kapitalisasi pasar raksasa teknologi tersebut.

Secara global, nilai kapitalisasi pasar Alibaba yang terdaftar di NYSE pada 20 Desember 2014 ada pada peringkat ketujuh. Posisi Alibaba berada satu tingkat di bawah Facebook dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 588 miliar dan dua tingkat di bawah Amazon dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 886 miliar. 

Nilai kapitalisasi pasar Alibaba tahun ini tercatat tumbuh hingga 60% dibanding tahun lalu. Pertumbuhan nilai pasar Alibaba jauh di atas Amazon yang hanya tumbuh 20% dan Google Alphabet yang tumbuh 29%.

(Baca: Pencatatan Perdana di Bursa Hong Kong, Harga Saham Alibaba Naik 7,7%)

"Ritel online atau e-commerce penghasil pendapatan terbesar Alibaba sejauh ini tidak terlalu rentan terhadap pergolakan perdagangan baru-baru ini, tidak seperti perangkat keras, logistik dan sektor lainnya," kata analis EqualOcean yang berbasis di Beijing, Ivan Platonov, seperti dilansir Asian Nikkei Review pada Kamis (26/12).

Dari data per Juni 2019, Alibaba mencatatkan pendapatan 114,92 miliar yuan atau US$ 16,74 miliar (sekitar Rp 237,7 triliun). Penyumbang terbesar pendapatan Alibaba tersebut ada di lini bisnis e-commerce yang mencapai 99,5 miliar yuan atau US$ 14,5 miliar.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...