KKP Targetkan Produksi Ikan Tahun Depan Naik Menjadi 8,2 Juta Ton

Rizky Alika
30 Desember 2019, 19:25
KKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi, pekerja mengumpulkan ikan di tempat pelelangan ikan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (28/12/2019). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi ikan tahun depan mencapai 8,2 juta ton.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi ikan pada tahun depan mencapai 8,2 juta ton. Angka tersebut naik sebesar 3,8 persen dari target tahun ini sebesar 7,9 juta ton.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP M. Zulficar Mochtar optimistis target tahun depan bisa tercapai. "Trennya positif jadi bisa lebih dari tahun ini. Tapi kami tidak mau terlalu ambisius, naiknya 8,2 juta ton. Kalau lebih tinggi lagi tidak apa-apa," kata Zulficar di kantornya, Jakarta, Senin (30/12).

Menurutnya, iklim penangkapan ikan tengah membaik. Hal ini tercermin dari semangat nelayan dalam menangkap ikan, jumlah kapal yang bertambah, dan beberapa titik perairan yang diisi oleh nelayan.

(Baca: Marak Pencurian Ikan di Natuna, Menteri Edhy Perketat Pengawasan)

Lebih lanjut Zulficar menyampaikan realisasi produksi ikan hingga triwulan ketiga 2019 sekitar 6 juta ton. Biarpun begitu, ia tetap optimistis target 7,9 jua ton dapat tercapai pada akhir tahun ini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...