Mendekati Tutup Tahun, Harga Emas Dunia Terus Lanjutkan Kenaikan

Martha Ruth Thertina
31 Desember 2019, 09:23
harga emas, harga emas hari ini, harga emas antam, harga emas antam hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi emas batangan PT Aneka Tambang di butik Gedung Ravindo, Jakarta (14/10/2019).

Harga emas dunia masih melanjutkan tren kenaikan yang kembali terjadi sejak awal Desember ini. Di pengujung tahun, kenaikan harga emas mendapatkan sokongan dari melemahnya dolar Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas di pasar spot berada di posisi US$ 1.519 per ounce, naik 0,27% dibandingkan penutupan pada sesi perdagangan sebelumnya. Dengan perkembangan ini, maka harga emas dunia telah naik 18,24% dalam setahun (year to date).

Kenaikan harga emas terjadi di tengah pelemahan kurs dolar AS. Harga emas memang biasanya berbanding terbalik dengan kurs dolar AS. Dalam kondisi dolar melemah, harga emas biasanya naik. Sebab, harga emas menjadi lebih murah bagi investor yang membeli dengan mata uang lain.

(Baca: Harga Emas Dunia Terus Naik, Capai Level Tertinggi dalam Dua Bulan)

Dolar AS terpantau terus melemah terhadap mata uang mitra dagang utamanya. Hal ini tercermin dari indeks DXY yang turun dalam dua pekan ini hingga berada di level 96, terendah sejak Juli. Tipisnya perdagangan di akhir tahun, turut mendorong pelemahan dolar AS.

“Penggerak terbesar kenaikan harga emas adalah melemahnya dolar,” kata Analis FXTM Lukman Otunuga seperti dikutip Reuters. Menurut dia, bila harga emas bisa terus berada di atas level psikologis US$ 1.500 per ounce, maka pasar bisa melihat harganya mencoba untuk tembus US$ 1.535 dan US$ 1.550 pada kuartal pertama tahun depan.

Adapun sepanjang tahun ini, kekhawatiran akan ekonomi global dan perang dagang membuat permintaan akan aset aman emas meningkat dan membuat harganya melambung. Lukman mengatakan meskipun Beijing dan Washington sudah mengumumkan bahwa mereka menyepakati perjanjian dagang tahap I, pasar masih menunggu detailnya.

“Kita belum mendengar detailnya, dan perjanjian itu belum ditandatangani di atas kertas,” ujarnya. Hal ini membuat pasar masih berhati-hati.

Seiring kenaikan harga emas dunia, harga emas Antam juga tercatat naik. Mengacu pada situs logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung bertengger di posisi Rp 762 ribu per gram, sedangkan harga penjualan kembali Rp 678 ribu per gram. Level harga saat ini merupakan yang tertinggi dalam dua bulan.

Harga Emas Antam, Selasa, 31 Desember 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 405.500

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...