Harga Emas Dunia Tertinggi dalam 3 Bulan, Logam Mulia Antam Ikut Naik

Martha Ruth Thertina
3 Januari 2020, 09:42
Harga Emas, Harga Emas Antam, Harga Emas Antam Hari Ini
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas menunjukkan sampel emas batangan di Butik Emas Logam Mulia, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Harga emas dunia terus merangkak naik, melanjutkan tren kenaikan yang kembali terjadi sejak awal Desember 2019. Harga emas Antam turut mencatatkan kenaikan.

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas dunia berada di posisi Rp 1.535 per ounce, naik 0,39% dibandingkan perdagangan sesi sebelumnya. Ini merupakan kisaran tertinggi dalam tiga bulan.

Managing Partner CPM Group Jeffrey Christian mengatakan investor telah kembali dari liburan dan melakukan penataan terhadap portofolio-nya. Adapun kecemasan akan bursa saham mendorong penguatan harga emas dan perak.

Indeks di bursa saham AS mencetak rekor tertinggi di awal tahun. “Ada kecemasan tentang penyebab bursa saham setinggi saat ini di tengah kondisi ekonomi dan politik,” kata dia seperti dikutip Reuters.

(Baca: Bursa Saham Amerika Terancam Koreksi Tajam Tahun Depan)

Kenaikan harga emas juga terjadi di tengah pasar yang masih menantikan kesepakatan dagang fase I Amerika Serikat dan Tiongkok. Presiden Donald Trump menyatakan kesepakatan akan ditandatangani pada 15 Januari 2020. Namun, pasar belum mengetahui detail dari kesepakatan tersebut.

Seiring pergerakan naik harga emas dunia, harga emas Antam turut mencatatkan kenaikan. Mengutip situs logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung berada di harga Rp 766 ribu per gram. Harga tersebut naik Rp 4 ribu dari sebelumnya. Sedangkan harga penjualan kembali naik Rp 5 ribu menjadi Rp 683 ribu per gram. Ini merupakan harga tertinggi dalam dua bulan.

Harga Emas Antam, Jumat, 3 Januari 2020:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 407.500

Emas batangan 1 gr: Rp 766.000

Emas batangan 2 gr: Rp  1.481.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...