Setelah Vietnam, Ruangguru Bakal Rambah Satu Negara Tahun Ini

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

3/1/2020, 18.38 WIB

Ruangguru sudah merambah Vietnam. Dengan ekspansi, startup pendidikan ini mempelajari kurikulum di negara lain.

Setelah Vietnam, Ruangguru Bakal Rambah Satu Negara lagi Tahun Ini
Ruangguru
Ilustrasi, Pendiri Ruangguru Belva Devara dan Iman Usman.

Ruangguru resmi masuk pasar Vietnam pada Oktober 2019. Tahun ini, startup pendidikan itu berencana ekspansi ke satu negara lagi.

Namun, Pendiri sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara enggan berkomentar perihal negara mana yang bakal dirambah. “Tunggu saja, belum tahu. Kami eksplorasi saja,” kata dia saat konferensi pers di Jakarta, hari ini (3/1).

Meski begitu, ia menegaskan bahwa pasar Indonesia masih menjadi fokus utama Ruangguru. “Hanya, kami juga melihat potensi dampaknya luas di luar Indonesia,” kata Belva.

Melalui ekspansi itu, Ruangguru mencoba untuk mengkaji perbedaan kurikulum di Indonesia dan negara lain. "Kami lihat kurikulum di sana (Vietnam) seperti apa. Kami bandingkan, apa yang bisa ditambahkan lagi di Indonesia. Kami pelajari lebih lanjut," katanya.

(Baca: Startup Pendidikan, Ruangguru Rambah Vietnam dengan Nama Baru)

Di Vietnam, Ruangguru hadir dengan nama Kienguru. Pendiri sekaligus Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru Iman Usman menambahkan, perusahaannya mengandalkan 200 orang untuk mengelola Kienguru di Hanoi, Vietnam.

Ia mengklaim, Ruangguru dianggap sebagai teknologi pendidikan yang inovatif di Vietnam. Di negara tersebut, pesaing Ruangguru juga belum banyak.

Meski begitu, menurut dia, karakteristik pengguna Ruangguru dan Kienguru berbeda. Di Vietnam, masyarakatnya cenderung lebih kritis pada layanan pendidikan. "Sekolah juga lebih bagus. Kienguru sebagai komplementer. Itu berpengaruh ke konten," ujar Iman.

Selain itu, fitur di aplikasi Kienguru berbeda dengan Ruangguru di Indonesia. (Baca: Bukan SoftBank, Ruangguru Raih Pendanaan Rp 2,1 T dari Investor AS)

Saat ini, Ruangguru menggaet 15 juta pengguna dan 300 guru di Tanah Air. Untuk meningkatkan jumlah pengguna, startp ini menghadirkan empat fitur baru. Pertama, fitur konsep kilat dengan menyediakan video berisi pembahasan intisari dari konsep materi.

Kedua fitur pendidikan karakter berisi video animasi yang mengulas topik-topik seperti pengenalan diri, cara berkolaborasi dengan tim, dan sopan santun. Ketiga fitur live teaching setiap hari, yang memungkinkan guru memandu pengguna secara langsung terkait materi pembelajaran dan soal tertentu.

Terakhir, fitur print soal yang berisi layanan untuk mengunduh, mencetak dan mengerjakan soal langsung di Bank Soal Ruangguru. Namun, Iman dan Belva enggan berkomentar perihal target pengguna tahun ini.

(Baca: Galang Pendanaan, Valuasi Ruangguru Diprediksi Tembus Rp 7 Triliun)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan