Bertemu Petinggi BPK, Ketua KPK Bantah Bahas Jiwasraya

Rizky Alika
7 Januari 2020, 16:40
Logo Jiwasraya
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Logo Jiwasraya

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Selasa, 7 Januari 2020. Pertemuan dilakukan menjelang rencana pengumuman hasil audit investigasi BPK terhadap Jiwasraya.

Namun, Firli menyatakan pertemuan tidak membahas perkara Jiwasraya. "Masih ada perkara korupsi yang harus kami bicarakan, bukan hanya soal yang satu itu," kata dia di Kantor BPK, Jakarta, Selasa (7/1).

Ia menambahkan, kasus Jiwasraya sudah ditangani oleh Kejaksaan Agung. Ia pun mendorong Kejaksaan untuk menyelesaikan kasus tersebut. "BPK juga sudah melakukan pendampingan bantuan terkait dengan penghitungan kerugian negara terkait kasus Jiwasraya," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua BPK Agung Firman Sampurna menyampaikan, ada indikasi masalah manajemen risiko di Jiwasraya. "Selain terkait pidana, persoalan kriminal, ada permasalahan di dalamnya. Hal tersebut terkait business capital yang kami dalami, masalah manajemen risiko," kata dia.

(Baca: Hasil Investigasi, BPK: Manajemen Risiko Jiwasraya Bermasalah)

Hal ini berdasarkan hasil audit investigasi BPK. Ia pun menyebut masalah Jiwasraya kompleks. "Tidak seperti yang teman-teman duga, ini jauh lebih kompleks daripada yang bisa dibayangkan," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...