Perum Peruri Menang Tender untuk Mencetak Mata Uang Peru Nuevo Sol

Image title
8 Januari 2020, 16:07
mata uang, perum peruri, nuevo sol,
Katadata | Arief Kamaludin
Peruri bakal mencetak mata uang Peru nuevo sol dengan nilai kontrak mencapai Rp 255,8 miliar.

Perusahaan pencetak uang milik negara Perum Peruri memenangkan tender untuk mencetak mata uang Peru, nuevo sol. Kontrak tersebut bernilai 16,5 juta euro atau sekitar Rp 255,77 miliar (asumsi kurs Rp 15.500 per euro).

Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki mengatakan Peru melelang empat pecahan mata uang. Peruri memenangkan tiga pecahan, yakni pecahan 1o, 20, dan 50 nuevo sol. Kontrak tersebut berlaku secara berkelanjutan atau multiyears selama dua tahun kedepan.

"Ibu Direktur Utama pekan depan akan tandatangan kontraknya. Tahun ini akan mencetak sekitar 520 juta lembar nuevo sol dalam tiga pecahan," kata Fajar, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (8/1).

(Baca: Peruri Bidik Pendapatan Bisnis Digital Capai Rp 370 Miliar Tahun Ini)

Selain mencetak rupiah, Peruri terus melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai negara, khususnya Afrika Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Dalam waktu dekat bank sentral Filipina juga akan membuka tender untuk mencetak mata uang peso. "Peruri akan mengikuti tender tersebut, dan berharap bisa menang," kata Fajar.

Adapun sebelumnya Peruri telah mencetak mata uang Nepal rupee dengan tiga pecahan, yakni pecahan 50 rupee sebanyak 240 juta biliyet, pecahan 20 rupee sebanyak 210 juta biliyet, dan pecahan 500 rupee sebanyak 180 juta biliyet.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...