Mengenal MQ-9 Reaper, Drone AS Pembunuh Jenderal Soleimani

Pingit Aria
9 Januari 2020, 14:02
Drone MQ-9 Reaper milik AS yang membunuh Jenderal Qasem Soleimani pada Jumat, 3 Januari 2020.
General Atomics Aeronautical Systems
Drone MQ-9 Reaper milik AS yang membunuh Jenderal Qasem Soleimani pada Jumat, 3 Januari 2020.

Hubungan Amerika Serikat (AS) – Iran meruncing setelah pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani pada Jumat, 3 Januari 2020 lalu. Konvoi kendaraan pimpinan pasukan elit Quds Iran itu hancur setelah keluar dari Baghdad International Airport, Irak.

Serangan udara atas perintah Presiden AS Donald Trump itu dilakukan dengan pesawat tanpa awak atau drone. Drone jenis MQ-9 Reaper ini dibuat oleh General Atomics Aeronautical Systems, perusahaan AS yang spesialis memproduksi pesawat tanpa awak dan radar militer.

Militer AS menggunakan MQ-9 Reaper untuk fungsi intelijen. Selain itu, MQ-9 Reaper juga memiliki kualifikasi yang mumpuni untuk melakukan misi kombatan dan menyasar target bernilai tinggi, seperti Jenderal Qasem Soleimani.

MQ-9 Reaper memiliki berbagai fitur yang cocok untuk melakukan berbagai misi. Di antaranya, MQ-9 Reaper memiliki waktu loiter (fase berputar-putar sebelum mendarat) yang signifikan, rangkaian komunikasi multi-mode, dan persenjataan yang presisi.

(Baca: Video: Kecanggihan Drone Pembunuh Qaseem Soleimani)

Dilansir dari berbagai sumber, Departemen Pertahanan AS memberikan nomor registrasi MQ-9, di mana ‘M’ berarti multifungsi, ‘Q’ artinya sistem pesawat tak berawak, sedangkan angka ‘9’ mengacu pada serangkaian uji terbang pesawat dari jarak jauh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...