Survei LSI: Tiongkok Dianggap Negara Paling Berpengaruh di RI dan Asia

Dimas Jarot Bayu
12 Januari 2020, 17:55
Lembaga Survei Indonesia, Survei LSI, Tiongkok Negara Paling Berpengaruh, Tiongkok, China
123RF.com/Nat Bowornphatnon
Yuan Tiongkok

Publik Indonesia menganggap Tiongkok sebagai negara paling berpengaruh di Indonesia dan Asia. Hal ini berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terhadap 1.540 responden di dalam negeri. Lebih dari 30% responden menilai Tiongkok membawa pengaruh negatif.

LSI mencatat persepsi publik Indonesia terhadap pengaruh Tiongkok di Indonesia dan Asia meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tiongkok menempati peringkat pertama sebagai negara paling berpengaruh, dengan persentase responden yang beranggapan demikian sebesar 39%.

Peringkat tersebut disusul Amerika Serikat dengan persentase responden yang beranggapan demikia sebanyak 18%, Jepang 14%, India 1%, dan Rusia 1%. "Pada periode yang sama, baik AS maupun Jepang mengalami penurunan yang tajam," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan di Hotel Erian, Jakarta, Minggu (12/1).

(Baca: Pakar Hukum Nilai Sengketa Laut Natuna Tak Selesai Sampai Akhir Zaman)

Meski demikian, penilaian publik Indonesia terhadap pengaruh Tiongkok di Asia maupun Indonesia semakin negatif. Ada 34% responden yang beranggapan bahwa Tiongkok merugikan Asia pada 2019. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan hasil survei serupa pada 2016 lalu yakni 19%.

Sedangkan 36% responden menilai Tiongkok membawa pengaruh merugikan bagi Indonesia. Angka itu naik signifikan dari hasil survei 2011 yang sebesar 16%. "Sejalan dengan tren untuk Asia, pengaruh Tiongkok yang dinilai makin besar dibarengi dengan penilaian yang makin negatif terhadap pengaruh tersebut," kata Djayadi.

Hal berbeda terjadi kepada AS. Publik Indonesia menilai pengaruh Negeri Paman Sam di Asia dan Indonesia cenderung lebih positif. Ada 33% responden yang menyebut AS merugikan di Asia pada 2019. Angka tersebut hanya naik 1% dibandingkan survei serupa pada 2016 lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...