Jokowi Bakal 'Pamer' Rencana Bangun Ibu Kota Baru di Abu Dhabi

Dimas Jarot Bayu
13 Januari 2020, 10:58
Jokowi, ibu kota baru, abu dhabi, uni emirat arab, investasi ibu kota baru
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo akan menjadi pembicara kunci dalam acara Abu Dhabi Sustainability Week di Uni Emirat Arab pada Senin (13/1).

Presiden Joko Widodo diagendakan menjadi pembicara kunci dalam acara Abu Dhabi Sustainability Week atau ADSW pada Senin (13/1). Dalam acara tersebut, Jokowi akan menyampaikan rencana pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Jokowi ingin menjelaskan pembangunan ibu kota baru Indonesia yang diharapkan mampu menjadi contoh kota berkelanjutan di dunia. "Presiden ingin mengajak dunia internasional untuk menjadikan ibu kota baru Indonesia ini satu showcase,” kata Pratikno saat melepas Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (12/1).

Advertisement

Pratikno mengatakan, ibu kota baru Indonesia dapat menjadi contoh kota berkelanjutan karena didesain nihil emisi. Ibu kota baru juga akan menjadi kota yang padu, penuh inovasi dan kreativitas, dan menggerakkan ekonomi.

Dengan ibu kota baru tersebut, Jokowi sekaligus ingin menyampaikan visi Indonesia mengenai pembangunan berkelanjutan. Menurutnya, pembangunan berkelanjutan merupakan isu penting.

“Bukan hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi dunia,” kata Pratikno.

(Baca: Kunjungi Abu Dhabi, Jokowi Borong 16 Komitmen Investasi Rp 319 Triliun)

Selain menjadi pembicara kunci di ASDW, Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian pada hari ini. Kepala Negara juga akan melakukan pertemuan dengan CEO Soft Bank Masayoshi Son dan kemudian pertemuan trilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed dan Masayoshi Son.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement