Jadi Ketua PB Esports, Budi Gunawan Tunjuk Sandiaga Uno Jadi Pembina

Image title
Oleh Antara
18 Januari 2020, 19:53
sandiaga uno, budi gunawan, esports
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua PB Esports Indonesia Budi Gunawan hari Sabtu (18/1) melantik politisi Gerindra Sandiaga Uno (foto) sebagai Dewan Pembina organisasi gim online tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia pada hari Sabtu (18/1).  Penunjukkan dilakukan oleh Ketua Umum PB Esports yang juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Pelantikan pengurus dilaksanakan di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat dan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Selain itu pelantikan juga dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dan 23 perwakilan tim esports yang ada di Tanah Air.

Sandiaga mengatakan dirinya merasa terhormat ditunjuk oleh Budi untuk mengisi jabatan barunya. Apalagi menurutnya potensi permainan elektronik ini luar biasa dengan jumlah 60 juta pemain aktif. “Nilai industri esports ini sudah menembus US$ 1 miliar dan kami prediksi akan tumbuh terus,” kata Sandiaga usai pelantikan.

(Baca: Transaksi eSport Ditaksir Rp 112 M, Turnamen Gim SEACA Kembali Digelar)

Namun Sandiaga mengatakan pemerintah perlu menyiapkan regulasi untuk menata gim online ini agar mampu melahirkan atlet berprestasi. “Harus ditata dari segi regulasi sampai pelaksanaan liga,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Budi berharap pengalaman Sandiaga di berbagai bidang dapat membantu bisnis esports Indonesia berkembang cepat. “Pelantikan ini momentum untuk membangun esports ke arah yang lebih positif,” kata mantan Wakapolri tersebut.

Budi juga berniat membangun pusat latihan khusus berstandar internasional untuk memacu peningkatan prestasi gim online Indonesia di kancah internasional.

Terakhir, ia ingin PB Esports Indonesia dapat menjadi tempat bernaung berbagai organisasi gim online Tanah Air. Sebelumnya telah ada Asosiasi Esports Indonesia (IeSPA) yang dibentuk pada tahun 2013 lalu. “Semua (asosiasi esports) akan kami satukan,” kata Budi.

(Baca: Incar Pasar Gim di Indonesia, J&T Gandeng Organisasi Esports)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...