Budi Gunawan: Sosok di Balik Pertemuan Elite Politik

Oleh Yosepha Pusparisa, 27/7/2019, 07.35 WIB

Nama Kepala BIN Budi Gunawan santer terdengar sebagai orang di balik pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri.

Unduh Infografik
Share

Nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan semakin santer terdengar sebagai orang di balik pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri. Dua pertemuan tingkat tinggi tersebut merupakan bagian dari upaya rekonsiliasi politik pasca-pemilihan presiden 2019.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menilai kehadiran Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala BIN untuk membangun suasana kondusif setelah Pemilu. Begitupula dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyouno mengakui BG sebagai jembatan komunikasi politik antara kedua belah pihak. “Memang top Mas BG sebagai komunikator politik yang berkelas,” ujarnya.

BG memulai kedekatannya dengan tokoh politik sejak 1999. Kala itu, dia menjadi ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjadi wakil presiden dan kemudian presiden. Dalam perjalanan kariernya, dia sempat berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2015, sehingga batal menjadi Kapolri.