Garuda Belum akan Hentikan Penerbangan untuk Antisipasi Virus Corona

Image title
24 Januari 2020, 19:04
garuda indonesia, virus corona, penyebaran virus corona indonesia
Alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Garuda Indonesia belum akan menutup rute penerbangan ke negara yang telah terinfeksi virus corona.

PT Garuda Indonesia Tbk menyatakan belum mengambil keputusan untuk menghentikan sementara rute penerbangan dari dan ke Tiongkok untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ke Indonesia.

"Belum ada rencana untuk menghentikan trayek. Karena kan sudah ada penumpang yang membeli tiket sebelumnya. Tapi kami tidak mau memaksakan trayek itu tetap berjalan kalau kondisinya semakin memburuk," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (24/1).

Dia pun memastikan pergerakan virus tersebut tidak menyebar luas melalui penerbangan Garuda. Meski demikian sejumlah langkah antisipatif telah dijalankan maskapai pelat merah ini.

Irfan menjelaskan antisipasi penyebaran virus corona ke Indonesia melalui penumpang Garuda dengan memasang alat deteksi yang akan memberi notifikasi jika ada penumpang yang menunjukkan gejala penyakit.

(Baca: Belum Ada yang Terjangkit, Jokowi Antisipasi Virus Corona Masuk RI)

Antisipasi juga terus dilakukan dengan terus memantau kondisi terkini melalui perwakilan Garuda di Tiongkok dan sejumlah negara lainnya. "Kami bekerja sama dengan otoritas negara masing-masing. Juga ada peringatan untuk setiap penumpang jika ada penyakit tersebut, petugas imigrasi juga sudah menggunakan masker," kata Irfan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...