Modal Asabri Minus 571%, Heru Hidayat & Bentjok Janji Ganti Rp 10,9 T

Image title
29 Januari 2020, 14:33
Asabri, benny Tjokro, korupsi asabri, rugi investasi asabri
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja saat memberikan keterangan pers di Gedung Asabri, Jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur, Kamis (16/1/2020).

Perusahaan asuransi angkatan bersenjata Republik Indonesia, Asabri, mengalami penurunan drastis nilai aset imbas jatuhnya harga saham dalam portofolio investasinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Asabri meminta pertanggungjawaban kepada Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro.

Heru Hidayat merupakan pemegang saham sekaligus Komisaris Utama Trada Minera (TRAM), sedangkan Benny Tjokro merupakan Direktur Utama Hanson International (MYRX). Asabri memang tercatat masih atau pernah memegang saham kedua perusahaan tersebut dalam jumlah besar. Namun, harga sahamnya anjlok.

"Keduanya (Heru dan Benny Tjokro) sudah memberikan pernyataan kesanggupan untuk memenuhi tanggung jawab kepada Asabri," kata Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja saat rapat dengar pendapat dengan anggota Komisi XI DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (29/1).

(Baca: Ada Dugaan Korupsi, BPK Bakal Audit Investigasi Asabri)

Ia mengatakan, keduanya akan bertanggung jawab atas penurunan nilai aset saham dengan total Rp 10,9 triliun. Rinciannya, Heru Hidayat akan bertanggung jawab atas penurunan aset sebesar Rp 5,8 triliun dan Benny Tjokro sebesar Rp 5,1 triliun.

Dia mengatakan, Asabri meminta tanggung jawab kepada keduanya pada pertengahan 2019 ketika kinerja saham perusahaan terkait semakin turun. Keduanya pun mau bertanggung jawab dan telah menandatangani nota komitmen.

"Kami panggil untuk minta pertanggungjawaban karena saya bilang, ini uangnya prajurit dan Polri, mereka bersenjata. Kalau tidak (ganti), tijitibeh, mati siji mati kabeh," kata Sonny. Menurut dia, dengan adanya nota komitmen, Asabri tinggal menagih realisasi penggantian dana.

(Baca: Menelusuri Investasi Asabri yang Terpuruk di Saham Gorengan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...