Luhut Sebut Australia Minat Investasi Miliaran Dolar ke Indonesia

Image title
30 Januari 2020, 12:16
Luhut Sebut Australia Minat Investasi Miliaran Dolar ke Indonesia.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mantan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menyebut, investor Australia minati investasi miliaran dolar ke Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Australia berminat investasi miliaran di Indonesia. Hal tersebut merupakan tindak lanjut pembicaraan pemerintah dengan investor Australia pada pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss beberapa waktu lalu.

Menurutnya, komitmen investasi itu akan kembali dibicarakan dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Negeri Kanguru pada 9-10 Februari mendatang. 

Luhut mengatakan, investasi dari Australia salah satunya datang dari produsen biji besi Fortescue Metals Group (FMG) terkait pembangunan smelter. Selain itu, kerja sama lain yang dibahas pemerintah dengan Australia di bidang hydro power.

(Baca: Luhut Minta Investor Baterai Mobil Listrik Bangun Pabrik di Jawa Barat)

Menurut dia, FMG ingin memproduksi biji besi menggunakan energi ramah lingkungan. Hal itu disambut baik oleh pemerintah yang telah mempersiapkan seluruh kebutuhan yang diperlukan.

"Mereka mau membuat produksi yang green energy.  Jadi dia pakai hydro power nanti  bangun smelternya di bawah," kata Luhut di Jakarta, Kamis (30/1).

Selain itu, dijelaskannya pula Australia ingin bekerjasama membantu penanganan kebakaran, 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...