Ratusan Kamar Hotel Pelat Merah Inna Group Kosong Akibat Virus Corona

Image title
30 Januari 2020, 14:19
virus corona, bisnis perhotelan, hotel indonesia natour, inna group
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter
Ilustrasi penanganan virus corona di sebuah rumah sakit di Tiongkok. Wabah virus corona mulai berdampak ke bisnis perhotelan dalam negeri.

Mewabahnya virus corona di dunia mulai berdampak terhadap bisnis perhotelan di Indonesia. Hotel milik pemerintah, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau Inna Group, misalnya, mengungkapkan ada pembatalan pesanan hingga lebih dari 100 kamar sejak merebaknya wabah virus tersebut.

Presiden Direktur Hotel Indonesia Natour Iswandi Said menjelaskan pembatalan terjadi paling banyak pada beberapa hotel yang terletak di Bali, yaitu daerah Sanur, Kuta, dan Nusa Dua. Dia pun mengungkapkan kemungkinan wisatawan yang membatalkan pesanan kamar berasal dari Wuhan, Tiongkok.

"Sampai hari ini sudah ada pembatalan sebanyak 109 room night dengan harga Rp 1 juta per room night. Data saya minta update setiap hari," kata Iswandi, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (30/1).

Meski pelanggan jaringan hotel Inna Group tidak hanya berasal dari Tiongkok, namun pihaknya khawatir masalah ini berlangsung lebih lama. Dia pun berharap virus corona tidak akan menganggu pasar dari Australia dan Eropa.

(Baca: Mari Elka Sebut Virus Corona Berdampak pada Pariwisata & Pedagangan)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...