Cegah Virus Corona Masuk, Menhub Minta Perketat Bandara dan Pelabuhan

Image title
Oleh Antara
27 Januari 2020, 12:31
virus corona, menhub, bandara
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Petugas Karantina mengamati alat pendeteksi suhu badan pada wisatawan asal Tiongkok di bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (26/1/2020). Menhub Budi Karya hari Senin (27/1) meminta pengawasan bandara dan pelabuhan diperketat untuk cegah virus ini masuk RI.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memerintahkan operator bandara dan pelabuhan memperketat pemeriksaan keberangkatan dan kedatangan dari Tiongkok, khususnya dari Kota Wuhan. Ini untuk mencegah penyebaran virus corona masuk dari negara tersebut.

Selain itu Budi mewajibkan semua petugas operasional bandara dan pelabuhan mengenakan masker dengan alasan kesehatan. Dia juga memerintahkan koordinasi dengan semua pemangku kebijakan sektor transportasi dijaga untuk mencegah masuknya wabah ini.

“Tadi malam (Minggu 26/1) saya sampaikan seluruh operator meningkatkan pemeriksaan penerbangan dari Wuhan atau kapal dari Tiongkok,” kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (27/1).

(Baca: Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 80 Orang)

Menhub juga akan mengundang sejumlah Menteri dan instansi lain guna membahas upaya pencegahan masuknya virus corona ke RI. Dia mengatakan pelarangan perjalanan ke Tiongkok akan dibahas dan diputuskan dalam rapat tersebut.

“Jam 12.00 WIB nanti akan undang Menteri Kesehatan, Menteri Luar Negeri, Menteri Pariwisata, Direktur Jenderal Imigrasi, Dirjen Bea Cukai, dan seluruh operator pelabuhan dan bandara,” kata Budi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...