Jokowi Minta Para Menteri Hitung Dampak Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
4 Februari 2020, 18:52
okowi, dampak virus corona, dampak perekonomian, virus corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Ratas tersebut membahas kesiapan dampak virus corona pada perekonomian di Indonesia.

Wabah virus corona diperkirakan turut berdampak pada perekonomian Indonesia. Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mengkalkulasi secara cermat dampak dari pendemi yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. 

“Perlu dikalkulasi secara cermat dampaknya bagi perekonomian kita, baik dari sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Jokowi mengatakan, perhitungan ini penting mengingat Tiongkok merupakan tujuan ekspor dan impor utama Indonesia. Kontribusinya mencapai 16,6% dari total ekspor dan 29,95% dari total impor. 

(Baca: Korban Corona Terus Bertambah, Ini Beda Wabah, Epidemi, dan Pandemi)

Terkait sektor pariwisata, Jokowi meminta ada langkah penanggulangan, khususnya untuk Bali dan Sulawesi Utara. Pemerintah memutuskan untuk menutup penerbangan dari dan ke Tiongkok mulai Rabu (5/2). Kedua destinasi tersebut merupakan daerah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Tiongkok.

Jumlah wisman dari Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia menempati peringkat kedua terbesar setelah Malaysia. BPS mencatat ada 160.446 kunjungan wisman Tiongkok pada Oktober 2019 lalu.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...