Efektif Lawan SARS dan MERS, Uji Klinis Antivirus Corona Dimulai

Hari Widowati
6 Februari 2020, 09:06
tiongkok, obat virus corona, antivirus corona, pengujian antivirus corona, remdesivir, uji klinis, pengobatan virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee
Aparat keamanan memakai masker berjalan di Beijing, China, saat negeri tersebut sedang menghadapi wabah virus corona baru, Senin (3/2/2020).

Pendaftaran untuk uji coba klinis terhadap obat antivirus corona, remdesivir, telah disetujui. Sejumlah pasien yang terinfeksi virus corona (2019-nCov) akan mulai mengonsumsi antivirus tersebut mulai hari ini (6/2).

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Komisi Kesehatan Nasional, dan Badan Administrasi Produk Medis Nasional Tiongkok mendukung uji klinik antivirus corona yang diajukan oleh Gilead Sciences Inc., perusahaan bioteknologi Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Kepala Program Uji Klinis Remdesivir, Cao Bin, mengatakan obat itu menunjukkan aktivitas antivirus yang baik terhadap virus corona penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan middle east respiratory syndrome (MERS). Eksperimen di laboratorium dilakukan terhadap sel dan binatang.

Uji klinis remdesivir terhadap infeksi Ebola telah dilakukan di luar negeri. "Dalam riset domestik, obat ini juga menunjukkan aktivitas antivirus yang bagus terhadap virus corona di level sel," kata Cao di RS Wuhan Jinyintan, Wuhan seperti dikutip Kantor Berita Xinhua, Rabu (5/2).

(Baca: Tiongkok Ajukan Hak Paten untuk Obat Antivirus Corona)

Sebanyak 761 pasien telah terdaftar dalam uji klinis yang akan mengadopsi metode studi randomisasi, double blind, dan kontrol plasebo itu. Uji klinis remdesivir dipimpin oleh China-Japan Friendship Hospital dan Institute of Materia Medica yang berada di bawah pengawasan Akademi Ilmu-ilmu Pengetahuan Medis Tiongkok (CAMS).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement