Pariwisata Sepi akibat Virus Corona, Maskapai Bakal Beri Diskon Tiket

Image title
6 Februari 2020, 17:47
tiket pesawat, pariwisata, dampak virus corona
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi. Pemerintah meminta maskapai memberikan diskon tiket pesawat untuk mengantisipasi dampak virus corona terhadap pariwisata dalam negeri.

Wabah virus corona mulai berdampak pada pariwisata di dalam negeri, terutama seiring langkah pemerintah menyetop akses masuk wisatawan Tiongkok. Pemerintah pun menyiasatinya dengan meminta maskapai memberikan diskon tiket pesawat ke tiga destinasi wisata yang terdampak, yakni Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. 

Kepala Staf Presiden Moeldoko menjelaksan Kementerian Perhubungan meminta maskapai penerbangan menurunkan harga tiket pesawat ke tiga lokasi tersebut. 

"Ini sudah disampaikan oleh Menteri Perhubungan karena tiga daerah wisata itu relatif ada penurunanan wisatawan," kata dia di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2).

(Baca: Ada Virus Corona, Bagaimana Nasib Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Ini?)

Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati menjelaskan rencana tersebut telah dibicarakan dengan maskapai. Besaran potongan harga yang diberikan nantinya akan diserahkan sepenuhnya pada maskapai yang melayani rute tersebut.

"Kami usahakan agar ini tetap menarik dengan berbagai macam paket dari maskapai. Nanti maskapai akan umumkan berapa diskonnya," kata dia.

Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio menjelaskan kunjungan wisatawan asal Tiogkok tahun lalu mencapai US$ 2,07 juta.  Total biaya yang dihabiskan mencapai US$ 1.400 untuk setiap kunjungan. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...