Angkasa Pura II Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Beragam Cara

Rizky Alika
9 Februari 2020, 19:09
virus corona, bandara, angkasa pura II
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah penumpang maskapai China Eastern tujuan Shanghai China menunggu untuk boarding di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/2/2020).

Angkasa Pura II melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi penyebaran virus corona di 19 bandara kelolaannya. Upaya yang dimaksud dari mulai penggunaan pemindai suhu tubuh, pembagian masker, hingga penyediaan cairan pembersih tangan.

"Kami sadar bahwa bandara adalah pintu masuk utama negara sehingga pengawasan harus diperketat," kata Awaluddin seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (9/2).

Perusahaan mengaktifkan thermal scanner di terminal penumpang pesawat. Thermal scanner merupakan alat pemindai suhu tubuh. Jika ada penumpang dengan suhu di atas 38 derajat celcius, layar di monitor terdeteksi berwarna merah sehingga penumpang yang bersangkutan akan diberikan penanganan lebih lanjut.

(Baca: Risiko Berkurangnya Impor Pertanian dari Tiongkok Imbas Virus Corona)

Selain itu, perusahaan memperlengkapi personil bandara dengan thermo gun. Kegunaan thermo gun sama dengan thermal scanner. Namun, thermo gun memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dibawa. Adapun personil bandara berkepentingan memantau dan meningkatkan pengawasan terkait virus corona.

Di bandara internasional Soekarno-Hatta, perusahaan juga menyediakan lebih banyak cairan pembersih tangan (hand sanitizer) bagi penumpang pesawat.

Perusahaan juga membagikan masker secara berkala ke komunitas bandara dan penumpang pesawat. Hal ini dilakukan bekerja sama dengan sejumlah instansi.

(Baca: Stok Menipis, Perusahaan Elektronik & Otomotif di Tiongkok Buat Masker)

Simulasi penanganan penumpang pesawat yang terjangkit corona juga dilakukan. Simulasi dilakukan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan, lengkap dengan berbagai peralatan standar untuk penanganan karantina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...