Terimbas Wabah Virus Corona, Harga Bitcoin Tembus Rp 140 Juta

Cindy Mutia Annur
13 Februari 2020, 10:27
bitcoin, harga bitcoin, virus corona
Katadata
Harga Bitcoin pada Rabu (12/12) mencapai rekor tertinggi dalam lima bulan terakhir.

Harga bitcon mencapai nilai tertinggi dalam lima bulan terakhir melampaui US$ 10.351 atau setara Rp 140 juta, menurut data CoinDesk, Rabu (12/2). Para analis dan pedagang mengatakan kenaikan harga terutama terimbas mewabahnya virus corona (2019-nCoV).

Analis eToro Simon Peters mengatakan, jika harga bitcoin tetap berada di atas US$ 10 ribu. kepercayaan investor akan semakin meningkat pada aset tersebut dan memicu peningkatan aktivitas pembelian lebih besar.

"Tampaknya jelas ada lebih banyak minat dalam bitcoin dan aset kripto lainnya sebagai tempat berlindung yang aman bagi investor yang khawatir dengan volatilitas pasar saham saat krisis virus corona berlanjut," ujar Peters seperti dikutip dari CoinDesk, Rabu (12/2).

(Baca: Rupiah Stagnan di Tengah Pelemahan Mayoritas Mata Uang Asia)

Sependapat dengan Peters, Trader Crypocurrecy asal Australia Joshua Green mengatakan bahwa kombinasi sentimen di sekitar peristiwa halving bitcoin dan kekhawatiran virus corona mendorong kenaikan harga mata uang digital tersebut. Sebuah peristiwa yang disebut 'halving' akan terjadi pada Mei mendatang. Peristiwa ini hanya terjadi empat tahun sekali. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...