Jakpro Ingin Batu Alam di Monas Diaspal Permanen untuk Formula E

Dimas Jarot Bayu
14 Februari 2020, 19:42
Formula E, Formula E Jakarta, Batu Alam di Monas Diaspal, Monas jadi Lintasan Formula E, Sirkuit Formula E di Monas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto (kiri) didampingi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Sadikin Aksa (tengah) dan perwakilan Formula E Operation Nuno Fernandez, menyampaikan keterangan pers tentang penyelenggaraan balap mobil Formula E di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Jakarta Propertindo (Jakpro) segera membangun sirkuit untuk gelaran Formula E di kawasan Medan Merdeka, Jakarta yang meliputi Monumen Nasional. Dalam pembangunan sirkuit balap mobil listrik itu, Jakpro berencana untuk melapisi batu alam (cobblestone) yang ada di sekitar Monas dengan aspal.

Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menginginkan agar pelapisan batu alam dengan aspal tersebut dilakukan secara permanen. "Saya pribadi ya sudah dipermanenkan saja. Jangan dikelupas lagi. Seharusnya memang begitu," kata dia di Hotel Novotel, Jakarta, Jumat (14/2).

Advertisement

Ia meyakini pelapisan batu alam dengan aspal secara permanen itu tidak akan membuat banjir. Sebab, permukaan tempat batu alam di Monas tersebut memang bukan lokasi resapan air.

(Baca: Jakpro Klaim Balap Formula E Beri Dampak Ekonomi RI Rp 600 Miliar)

Pelapisan batu alam dengan aspal secara permanen juga dinilai akan membuat Monas ramah terhadap kaum difabel. Selama ini, kata Dwi, kaum difabel kesulitan memasuki kawasan Monas karena harus berjalan di atas batu alam tersebut.

"Kalau enggak dikelupas ya enggak apa-apa. Ini untuk fasilitas orang difabel menikmati Monas dengan nyaman. Banyak impact positif yang ada dalam event ini," kata dia.

Meski begitu, ia mengatakan rencana tersebut masih harus didiskusikan kembali dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan tim Formula E Operations Limited (FEO).

Dwi menyebut proses pengaspalan untuk sirkuit Formula E akan memakan waktu hingga dua bulan. Sejauh ini, Jakpro sedang dalam proses pembuatan pagar (barrier) untuk sirkuit Formula E.

Selain pembuatan barrier dan pengaspalan, Jakpro akan membuat tribun-tribun penonton di sekitar sirkuit. "Proses terakhir akan dilakukan homologasi atau semacam sertifikasi yang akan dilakukan dan diberikan oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA) Formula E," kata Dwi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement