Peluang Besar, Gojek Ingin 9 Startup Besutannya Fokus Garap Ritel

Cindy Mutia Annur
14 Februari 2020, 23:19
gojek, startup, ritel
Katadata/desy setyowati
Gojek (14/2) meminta sembilan startup lokal didikannya fokus menggarap sektor ritel yang berkembang saat ini

Perusahaan layanan on demand Gojek meminta sembilan startup lokal didikannya fokus menggarap sektor ritel yang berkembang saat ini. Sembilan usaha rintisan tersebut merupakan lulusan program akselerasi, Gojek Xcelerate angkatan ketiga.

Gojek Xcelerate merupakan program akselerasi besutan Gojek bekerja sama dengan Digitaraya. Google, UBS, serta McKinsey & Company juga terlibat dengan kurikulum yang berbeda. Usaha rintisan mendapatkan sejumlah materi seperti strategi product and market fit, growth hacking, mencari pendanaan, kepemimpinan, dan membangun budaya.

Advertisement

Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir masyarakat Indonesia semakin melek teknologi dan berpengaruh terhadap pertumbuhan sektor ritel. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), industri ritel di Indonesia diprediksi tumbuh 10% tahun ini.

"Jadi artinya, semakin banyak orang transaksi, menghabiskan waktu di dalam (platform ritel), maka semakin besar peluang bisnis ini luar biasa ke depannya," ujar Ainul dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (14/2).

(Baca: Gojek Bocorkan Tiga Tips Kelola Bisnis Startup )

Sembilan startup lokal itu adalah marketplace penyewaan mainan dan perlengkapan bayi Gigel.id, marketplace bahan makanan Etanee, marketplace produk kosmetik dan perawatan tubuh Callista, e-commerce khusus sepatu Heiden Heritage, dan marketplace pangan ayam Meyer Food.

Lalu ada startup edutech anak dan orang tua Kiddo, e-commerce sepatu dan sendal Pijak Bumi, e-commerce produk kecantikan Mad for Makeup, serta e-commerce koper dan ransel Sugar Technology. 

Meski begitu, Ainul mengatakan bahwa startup juga memiliki tantangan dalam menggarap ritel yakni mencari cara agar tidak tertinggal dengan perusahaan lain. Dia mencontohkan, Gojek masuk ke dalam industri ride hailing di waktu yang tepat ketika internet dan smartphone mulai diminati konsumen.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement