BAPETEN Sebut Paparan Radiasi Nuklir di Serpong Tak akan Meluas

Happy Fajrian
15 Februari 2020, 15:01
radiasi nuklir, perumahan batan indah, bapeten, batan
Instagram @badan_tenaga_nuklir_nasional
Ilustrasi. Bapeten memastikan kontaminasi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, tidak akan meluas.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyebutkan bahwa kontaminasi paparan radioaktif nuklir yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, tidak akan meluas.

“Kemungkinan tidak akan meluas. Hanya pada radius 10 meter kali 10 meter yang ada di lokasi saja,” kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan di Jakarta, Sabtu (15/2).

Indra mengatakan bahwa Bapeten dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) telah mengeruk tanah yang terkontaminasi hingga ketebalan 10 sentimeter (cm) dan paparan radiasi di lokasi sudah turun meski masih di atas ambang batas normal.

Dia mengatakan bila diperlukan, pihaknya akan mengeruk tanah lebih dalam lagi. Adapun terkait kondisi warga, Bapeten dan Batan memeriksa warga yang mau diperiksa secara sukarela untuk mengetahui dampak kontaminasi terhadap warga.

 (Baca: Paparan Radiasi Nuklir Terdeteksi di Perumahan Batan Indah, Tangerang)

“Warga yang diperiksa terutama yang tinggal di sekitar lokasi ditemukannya materi yang memancarkan radiasi. Materi tersebut sudah diamankan dan sedang diperiksa di laboratorium Batan,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...