Peretail Modern Batasi Penjualan Gula karena Pasokan Menipis

Rizky Alika
17 Februari 2020, 22:50
retail, gula
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi, gula pasir sedang dikemas di pasar, Jakarta, Kamis (17/04). Retail modern mulai membatas penjualan gula karena pasokan yang terbatas.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mulai membatasi penjualan gula hanya dua kantong atau dua kilogram per konsumen. Ini lantaran pasokan gula di retail modern mulai menipis.  

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengatakan seluruh anggota asosiasi membatasi penjualan gula, seperti retail modern, minimarket, supermarket, dan wholesaler. "Kami membatasi dua pouch per konsumen karena sekarang stok gula sedang dari distributor untuk produsen," kata Roy kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu.

Menurutnya, pembatasan penjualan tersebut mulai diterapkan sejak awal Februari 2020. Dengan cara itu, Aprindo dapat menyediakan gula secara merata kepada masyarakat.

Lebih lanjut Roy mengatakan, meski ada keterbatasan stok, namun anggota Aprindo tetap menjual gula sesuai dengan batas Harga Eceran Tertinggi di tingkat konsumen, yaitu Rp 12.500 per kilogram. Padahal, harga gula dari distributor telah melebihi HET.

Roy menyebut Aprindo membeli gula dari distributor senilai Rp 12.600-12.800 per kilogram. "Meski begitu, Aprindo tetap bertahan di HET sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan," ujar dia.

(Baca: Harga Gula Terus Naik, RI Bakal Impor Pekan Ini)

Oleh karena itu, Roy berharap pemerintah segera mengimpor gula untuk konsumsi. "Kami apresiasi impor bawang putih sudah dilakukan, sekarang menunggu gula," katanya.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Srategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga gula pasir pada Senin (17/2) secara nasional sebesar Rp 14.150 per kg. Pada Senin (3/2), harga gula pasir sempat mencapai Rp 14.450 per kg.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...