Wiranto Sebut Indonesia Siaga Darurat Cegah Penyebaran Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
17 Februari 2020, 15:31
wiranto, virus corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (tengah) bersama Anggota Wantimpres (dari kiri) Agung Laksono, Putri Kuswisnu Wardani, Muhamad Mardiono dan Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto (kanan) menyampaikan keterangan pers usai menggelar rapat pembahasan perkembangan virus Corona (COVID-19) di kantor Wantimpres, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menilai antisipasi penyebaran virus corona di Indonesia sudah pada tahap siaga darurat. Pemerintah pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus tersebut.

Wiranto mengatakan salah satu caranya dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap wabah virus corona. Dengan begitu, Wiranto berharap penyebaran virus bernama Covid-19 tak meluas di Indonesia.

“Kita hindari status tanggap darurat. Jadi intinya meminta partisipasi masyarakat agar virus ini tidak menyebar,” kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (17/2).

Lebih lanjut Wiranto menyebut hingga saat ini belum ada kasus positif mengidap Covid-19 di Indonesia. Hal senada disampaikan Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto yang menyebut pihaknya telah memeriksa 104 spesimen dari 39 rumah sakit di 19 provinsi dan tak menemukan satupun positif virus corona.

“Sehingga alhamdulillah sampai sekarang negatif yang terjangkit virus corona,” kata Yurianto.

(Baca: Korban Tewas Corona 1.770 Orang, Tiongkok Batasi Lalu Lintas Warga)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...