BPS Catat Rata-rata Pengeluaran Orang Indonesia Rp 11,3 Juta per Tahun

Agatha Olivia Victoria
18 Februari 2020, 07:39
pengeluaran orang Indonesia, bps, purchasing power parity, daya beli
Ilustrasi. Selama 2010–2019, pengeluaran per kapita masyarakat Indonesia rata-rata meningkat sebesar 2,02 persen per tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya atau purchasing power parity sebesar Rp 11,3 juta per tahun pada 2019. Jumlah tersebut meningkat Rp 240 ribu dibandingkan tahun sebelumnya. 

Selama 2010–2019, pengeluaran per kapita masyarakat Indonesia rata-rata meningkat sebesar 2,02 persen per tahun. Ini lebih rendah dari rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5%. 

Pengeluaran per kapita masyarakat merepresentasikan dimensi standar hidup layak, salah satu yang digunakan BPS dalam mengukur indeks pembangunan manusia atau IPM. Secara keseluruhan, IPM Indonesia pada tahun lalu meningkat dari 71,39 menjadi 71,92. 

"Dengan capaian ini, pembangunan Indonesia berstatus tinggi pada tahun lalu," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam Konferensi Pers di Jakarta, Senin (17/2).

(Baca: Rata-rata Pendapatan Penduduk Indonesia Setahun Rp 59 Juta)

Namun, pencapaian pembangunan manusia di tingkat provinsi cukup bervariasi di tahun lalu. IPM pada level provinsi berkisar antara 60,84 di Papua hingga 80,76 di DKI Jakarta.

Adapun kemajuan pembangunan manusia pada 2019 dinilai Suhariyanto terlihat dari perubahan status pembangunan manusia di tingkat provinsi. Jumlah provinsi yang berstatus “sedang” berkurang dari 12 provinsi pada tahun 2018 menjadi 11 provinsi pada tahun 2019.

"Provinsi Sumatera Selatan yang berstatus “sedang” pada tahun 2018 berubah status menjadi “tinggi” pada tahun 2019," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...