Dampak Virus Corona, Korea Selatan Umumkan Darurat Ekonomi

Hari Widowati
18 Februari 2020, 17:49
virus corona, dampak ekonomi virus corona, korsel umumkan kondisi darurat ekonomi, Tiongkok, Jepang, pertumbuhan ekonomi Korea, insentif ekonomi
ANTARA FOTO/REUTERS/Yonhap
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meminta kabinetnya menyiapkan kebijakan ekonomi khusus untuk mengatasi dampak virus corona.

Pemerintah Korea Selatan mengumumkan darurat kondisi ekonomi atas perkembangan wabah virus corona. Presiden Moon Jae-in memerintahkan kabinetnya agar menyiapkan kebijakan khusus untuk meminimalisasi dampak virus corona yang mengancam pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

"Situasi darurat membutuhkan resep darurat pula. Kondisi saat ini lebih serius dibandingkan dengan yang diperkirakan," ujar Moon saat membuka rapat kabinet di Istana Kepresidenan, seperti dilansir Kantor Berita Yonhap, Selasa (18/2). Anggota kabinet diminta menggunakan segala cara yang dibutuhkan untuk menyelamatkan perekonomian Korsel. 

Advertisement

Wabah virus corona yang telah menyebar ke 28 negara di dunia mengancam perekonomian global. Ekspor produk-produk Korsel ke sejumlah negara menurun sejak virus corona merebak, sehingga dibutuhkan stimulus untuk mendorong perekonomian.  

Sejumlah lembaga internasional merevisi prospek pertumbuhan ekonomi Korsel. Moody's Investor Service memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi negeri ginseng itu dari 2,1% menjadi 1,9% pada 2020. JP Morgan juga merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Korsel sebesar 0,1% menjadi 2,2%.

Moon menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan dan bertahap agar negaranya kembali meraih momentum pertumbuhan ekonomi. Penggunaan dana darurat untuk merespons pandemi virus corona (Covid-19) merupakan langkah awal dari penggunaan anggaran pemerintah untuk mengatasi masalah ini. "Untuk merespons kondisi darurat ekonomi, saya ingin Anda mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang melampaui ekspektasi dan tidak ada batasan untuk kebijakan tersebut," kata Moon.

(Baca: 5 Cara Alibaba Antisipasi Dampak Virus Corona ke Transaksi E-Commerce)

Insentif Pajak hingga Dukungan untuk UKM

Beberapa kebijakan yang disiapkan, antara lain ekspansi insentif pajak, reformasi kebijakan yang mempromosikan investasi korporasi, serta dukungan finansial untuk perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah. Pemerintah juga akan mengambil langkah-langkah untuk meringankan biaya sewa kios untuk pengusaha kecil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement