Korsel Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Hari Widowati
20 Februari 2020, 17:36
virus corona, Korea Selatan, korban meninggal virus corona di Korsel, Daegu, pusat penyebaran virus corona di Korsel, gereja di Daegu,
Yonhap News
Pemerintah Korea Selatan mengumumkan kematian pertama pasien yang terinfeksi virus corona, Kamis (20/2). Dalam sehari, terdapat 54 kasus baru sehingga total kasus infeksi di negara itu mencapai 104 kasus.

Pemerintah Korea Selatan melaporkan kematian pertama akibat infeksi virus corona (covid-19). Dalam sehari, ada 54 kasus baru sehingga total kasus infeksi virus corona di negara tersebut mencapai 104 kasus. Korsel menjadi negara keenam di luar Tiongkok yang melaporkan kematian akibat virus corona.

Seperti dilansir Kantor Berita Yonhap, pasien yang meninggal dunia sudah dirawat beberapa hari di sebuah rumah sakit di sebelah tenggara Kota Cheongdo. Otoritas kesehatan juga menyebutkan bahwa 30 kasus infeksi baru terpusat di selatan Kota Daegu dan diduga terkait dengan sebuah gereja Katolik dari sekte religius minoritas yang pernah dikunjungi pasien tersebut.

"Pada tahap ini, pemerintah menilai penyebaran covid-19 terjadi secara lokal dalam ruang lingkup terbatas," kata Wakil Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korsel, Kim Kang-lip, seperti dikutip The Korea Herald, Kamis (20/2).

Pemerintah menyesuaikan karantina dan upaya pencegahan untuk membatasi penyebaran virus corona secara lokal, termasuk menyemprot gereja dan kawasan sekitarnya dengan cairan disinfektan. Otoritas kesehatan mengirimkan 24 dokter ke Daegu dan menambah pusat deteksi virus corona menjadi 22 unit di kota tersebut. "Otoritas mempertahankan level kuning sebagai tingkat kewaspadaan tingkat tiga terhadap penyebaran virus corona," ujar Kim.

(Baca: Ancaman Resesi Mengintai Negara-negara Maju di Balik Virus Corona)

Pasien ke-31 Diduga Penyebar Virus Corona Terbanyak 

Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara memiliki 5 juta penduduk. Dari 30 kasus baru di Daegu, 23 di antaranya diyakini terkait dengan seorang perempuan berusia 61 tahun yang positif terinfeksi virus corona pada Selasa (18/2) lalu.

Perempuan yang disebut sebagai pasien ke-31 di Korsel itu diperkirakan menularkan virus corona kepada sekitar 40 orang. Penularan terjadi ketika ia mengikuti misa di gereja yang ada di Daegu, sebelum ia diperiksa dan terbukti positif terkena virus corona.

Otoritas kesehatan juga melakukan survei epidemiologi untuk menentukan apakah pasien ke-31 tersebut terkait dengan dua kasus infeksi di Rumah Sakit Cheongdo. Pasalnya, pasien ke-31 itu mengunjungi Cheongdo pada awal bulan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...