Ikut Kegiatan Pramuka, Lima Siswa SMP 1 Turi Tewas Tenggelam

Image title
21 Februari 2020, 21:08
bencana alam
ANTARA/Rony Arya
Upaya pencarian siswa SMPN 1 Turi yang hanyut terseret arus Sungai Sempor di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Sejumlah siswa tewas tenggelam karena bencana banjir yang terjadi di sungai tersebut pada Jumat (21/2) sore.

Ratusan siswa SMPN 1 Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sempat terseret arus banjir sungai Sempor saat melakukan kegiatan Pramuka dengan agenda susur sungai pada Jumat (21/2) sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sleman menyatakan sekitar lima orang meninggal akibat banjir.

Hingga saat ini, tercatat lima siswa SMPN 1 Turi yang tewas tenggelam. "Jumlah korban tewas bertambah dari empat menjadi lima orang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan pada Jumat malam seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

Kelima korban tewas, yakni Nur Azizah, Latifa, Setia Aulia, Arisna Rahmawati, dan Koirun Bisa. Makwan mengatakan pihaknya terus melakukan pencarian di sepanjang aliran Sungai Sempor.

"Kami juga mengimbau orang tua siswa untuk melapor jika anaknya belum pulang," katanya.

(Baca: Banjir di Penajam Paser Utara, Bappenas Sebut Bukan di Ibu Kota Baru)

Sementara itu Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan terdapat enam dari 256 siswa SMPN 1 Turi yang belum diketahui keberadaannya. Basarnas belum dapat memastikan apakah enam siswa tersebut benar-benar hanyut atau sudah pulang namun belum melapor. "Namun kami tetap melanjutkan pencarian dengan menyisir aliran sungai," kata Wahyu, petugas Basarnas.

Pencarian dilakukan, baik di aliran air maupun di darat, dan mendata keluarga korban. Upaya pencarian terkendala lokasi yang gelap dan hujan yang terus mengguyur lokasi kejadian.

(Baca: BMKG: Potensi Banjir Bulan Ini Tak Sebesar Januari Lalu)

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement