Ikut Kegiatan Pramuka, Lima Siswa SMP 1 Turi Tewas Tenggelam

Penulis: Ratna Iskana

21/2/2020, 21.08 WIB

Sebanyak 250 orang siswa mengikuti kegiatan pramuka di Sungai Sempor pada Jumat (21/2). Namun, bencana banjir membuat lima orang tewas tenggelam.

bencana alam
ANTARA/Rony Arya
Upaya pencarian siswa SMPN 1 Turi yang hanyut terseret arus Sungai Sempor di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Sejumlah siswa tewas tenggelam karena bencana banjir yang terjadi di sungai tersebut pada Jumat (21/2) sore.

Ratusan siswa SMPN 1 Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sempat terseret arus banjir sungai Sempor saat melakukan kegiatan Pramuka dengan agenda susur sungai pada Jumat (21/2) sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sleman menyatakan sekitar lima orang meninggal akibat banjir.

Hingga saat ini, tercatat lima siswa SMPN 1 Turi yang tewas tenggelam. "Jumlah korban tewas bertambah dari empat menjadi lima orang," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan pada Jumat malam seperti dikutip dari Antara.

Kelima korban tewas, yakni Nur Azizah, Latifa, Setia Aulia, Arisna Rahmawati, dan Koirun Bisa. Makwan mengatakan pihaknya terus melakukan pencarian di sepanjang aliran Sungai Sempor.

"Kami juga mengimbau orang tua siswa untuk melapor jika anaknya belum pulang," katanya.

(Baca: Banjir di Penajam Paser Utara, Bappenas Sebut Bukan di Ibu Kota Baru)

Sementara itu Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan terdapat enam dari 256 siswa SMPN 1 Turi yang belum diketahui keberadaannya. Basarnas belum dapat memastikan apakah enam siswa tersebut benar-benar hanyut atau sudah pulang namun belum melapor. "Namun kami tetap melanjutkan pencarian dengan menyisir aliran sungai," kata Wahyu, petugas Basarnas.

Pencarian dilakukan, baik di aliran air maupun di darat, dan mendata keluarga korban. Upaya pencarian terkendala lokasi yang gelap dan hujan yang terus mengguyur lokasi kejadian.

(Baca: BMKG: Potensi Banjir Bulan Ini Tak Sebesar Januari Lalu)

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan