Hasil 2 Survei: Prabowo Calon Terkuat Presiden 2024, Disusul Sandiaga

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Tri Kurnia Yunianto
23 Februari 2020, 17:59
prabowo, sandiaga, survei politik
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020). Hasil survei PPI dan Indo Barometer hari Minggu (23/2) menyebut Prabowo jadi kandidat Presiden paling kuat.

Dua lembaga survei yakni Parameter Politik Indonesia (PPI) dan Indo Barometer sama-sama merilis hasil survei politiknya pada hari Minggu (17/2). Dalam hasil survei, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi kandidat paling kuat jika pemilihan presiden dilakukan hari ini.

Dalam survei PPI, Prabowo mendapatkan suara 17,3% responden, jauh mengungguli Sandiaga Uno di posisi 2 dengan 9,2% suara responden. Di posisi ketiga, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dipilih 8,8% responden.

Sedangkan dalam survei Indo Barometer, nama Ketua Umum Partai Gerindra ini dipilih oleh 22,5% responden. Prabowo jauh mengungguli Anies Baswedan yang dipilih 14,3% responden dan Sandiaga dengan 8,1% suara.

“Memori publik, faktor militer penting dalam menentukan pilihan,” kata Direktur PPI Adi Prayitno kepada awak media di Jakarta, Minggu (23/2).

(Baca: Tak Undang Jokowi ke HUT Gerindra, Prabowo: Acara Kecil-kecilan, Malu)

Dalam survei PPI, nama lain yang masuk adalah Anies Baswedan dengan 7,8% suara, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 5,4% pilihan responden, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan keterpilihan 5,2% responden.

Sedangkan dalam survei Indo Barometer, nama Ganjar berada di posisi 4 dengan 7,7% responden memilih namanya. Di bawah Ganjar, ada nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dipilih 6,8% responden.

“Lalu ada Agus Harimurti Yudhoyono (5.7%), Khofifah Indar Parawansa (3.3%), Ridwan Kamil (2.6%), Erick Thohir (2.5%), Mahfud MD (1.6%), Puan Maharani (1.0%), “ demikian keterangan Indo Barometer dalam rilis survei Nasionalnya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...