Di Acara Hipmi, Jokowi Buka Kans Sandiaga Jadi Capres Tahun 2024

Dimas Jarot Bayu
15 Januari 2020, 14:32
sandiaga, jokowi, capres 2024
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan mantan Ketua Umum HIPMI Sandiaga Uno (kiri) sebelum menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2019-2022 di Jakarta, Rabu (15/1/2020). Dalam acara tersebut Jokowi sempat memberi sinyal Sandiaga bisa gantikan dirinya tahun 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 2019-2022 di Rafles Hotel, Jakarta, Rabu (15/1). Dalam  acara tersebut, Jokowi sempat memberi sinyal mantan Ketua Hipmi Sandiaga Uno jadi calon penggantinya tahun 2024.

Jokowi memulai sambutannya dengan mencoba untuk menyapa mantan Ketua Hipmi meski tidak hafal semua nama yang datang. Presiden mengatakan dirinya hanya hafal satu nama yakni Sandiaga. Mendengar namanya disebut Kepala Negara, Sandiaga lantas berdiri.

Advertisement

“Yang saya hafal hanya satu, Bapak Sandiaga Uno,” kata Jokowi disambut riuh para peserta dan undangan yang hadir. “Hati-hati 2024,” sambung Jokowi yang kembali direspons tawa hadirin.

(Baca: Erick Thohir Pastikan Sandiaga Uno Tak Masuk BUMN)

Jokowi lantas melanjutkan pidatonya dengan mengatakan anggota Hipmi berpotensi menjadi calon Presiden RI tahun 2024 mendatang. Namun dia tidak menyebut siapa sosok yang dimaksud. “Hanya tadi yang baru saja berdiri kira-kira,” kata Jokowi merujuk pada Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengucapkan selamat atas dilantiknya BPP Hipmi 2019-2022. Dia lantas menjawab keluhan para anggota Hipmi terkait kesulitan kemitraan, baik dengan BUMN maupun swasta.

Menurutnya, pemerintah akan memudahkan kemitraan para anggota Hipmi dengan BUMN. Apalagi, Menteri BUMN Erick Thohir merupakan bagian dari keluarga Hipmi.

“Mestinya sekarang sudah jelas karena yang pimpin Pak Erick Thohir. Berikan porsi besar kepada pengusaha muda,” kata Jokowi.

(Baca: Erick Thohir Sebut Kepercayaan Investor Turun karena Kasus Jiwasraya)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement