Luhut Klaim Jokowi Telah Tunjuk Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru

Rizky Alika
29 Februari 2020, 10:03
Jokowi tunjuk kepala badan otorita ibu kota, badan otorita ibu kota, jokowi, luhut panjaitan
Kementerian PUPR
Desain Ibu Kota Baru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara yang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Meski begitu, ia mengatakan jabatan tersebut akan diumumkan langsung oleh Jokowi.

“Presiden sudah menunjuk. Sepanjang yang saya tahu begitu. Tetapi biarlah nanti resmi diumumkan Presiden,” kata dia di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (29/2).

Sebagaimana diketahui, kepala badan tersebut nantinya memiliki kedudukan setingkat menteri. Dengan begitu, kerja Badan Otorita Ibu Kota dapat melibatkan semua kementerian/lembaga. Badan Otorita juga memiliki dewan pengawas dan dewan pengarah. Badan Otorita bakal bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

(Baca: Bangun Ibu Kota Baru, Jokowi Gandeng 3 Konsultan asal AS dan Jepang)

Latar belakang pembentukan Badan Otorita tersebut karena ada banyak isu yang harus diselesaikan terkait pemindahan ibu kota. Beberapa di antaranya seputar daerah otonomi, daerah istimewa, dan distrik pemerintahan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...