Virus Corona Merebak, BI Masih Optimistis Ekonomi RI Tumbuh 5%

Image title
1 Maret 2020, 18:50
pertumbuhan ekonomi, virus corona, korona, bank indonesia
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi. BI memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dari 5,1% hingga 5,5% menjadi 5% hingga 5,4% akibat wabah virus corona.

Bank Indonesia optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini masih mampu tumbuh di atas 5%. Wabah virus corona diperkirakan berdampak signifikan di kuartal pertama dan membaik pada kuartal berikutnya. 

Sebelumnya, BI memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dari 5,1% hingga 5,5% menjadi 5% hingga 5,4%. Proyeksi tersebut dipangkas lantaran menghitung dampak wabah virus corona yang merembet ke perekonomian Tiongkok dan global. 

“Di kuartal I ekonomi kita akan merosot, tapi di kuartal dua hingga empat akan membaik lagi. Kami proyeksi di pertumbuhan global juga demikian,” ujar Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, IGP Wira Kusuma pada Sabtu (29/2).

(Baca: Obral Tiket Pesawat Imbas Corona, Jakarta-Yogyakarta Mulai Rp 300 Ribu)

Guna menangkal dampak perlambatan ekonomi, BI telah menurunkan suku bunga acuan sebesar 0,25% ke level 4,75%. Namun, efek kebijakan ini terhadap bunga kredit dan pertumbuhan ekonomi dinilai membutuhkan waktu.

BI juga meyakini beragam stimulus yang disiapkan pemerintah akan membawa hasil. Stimulus tersebut, antara lain omnibus law terkait perpajakan dan cipta kerja. 

Halaman:
Reporter: Yosepha Pusparisa
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...